Kamis, 04 Februari 2010

Tips Untuk Mengatasi “Kecelakaan Ringan”

Dont be panic!! Biasanya ada saja “kecelakaan” kecil yang kita alami saat beraktifitas. Bersikap tenang dan lakukan beberapa tips mujarab untuk mengatasinya.

1. Pingsan

Sebaiknya hindari orang pingsan dari keramaian karena dia perlu banyak oksigen. Untuk membangunkannya, kita bisa merangsangnya dengan bau-bauan menyengat seperti minyak kayu putih, minyak wangi dsb. Longgarkan pakaian atau aksesoris yang dipakai agar jalur pernapasannya kembali lancar.

Biasanya seseorang jatuh pingsan karena sakit, kekurangan oksigen, kekurangan darah, kaget atau terlalu lapar maupun haus. Biar tidak mengalaminya, isilah perut sebelum beraktifitas.

2. Sesak Napas

Pastikan kita selalu membawa obat pelega kemana pun pergi. Jika mengalaminya cobalah duduk tegak dan tenang. Gunakan obat pelega dan berikan semprotan secara bertahap sampai kondisi membaik. Untuk mengurangi kambuh, lakukan senam asma secara rutin untuk melatih pernapasan.

3. Mimisan

Selain karena meningkatnya tekanan darah, mimisan bisa terjadi jika tubuh kita terbentur benda keras. Atasi dengan mendongakkan kepala, sedangkan posisi badan sedikit menunduk agar darah tidak masuk ke dalam tenggorokan. Letakkan kain basah dingin atau es batu di hidung untuk memperkecil pembuluh darah sekaligus menghentikan pendarahan. Cara lain : tekan kuat bagian atas hidung (dibawah tulang hidung) selama 10 menit.

4. Diare

Meski terlihat sepele, diare bisa membuat sang penderita lemas karena kekurangan cairan. Kita harus segera meminum oralit jika mengalaminya. Atau larutkan satu sendok teh gula dan seperempat sendok teh garam dalam air hangat. Minum cairan ini tiap kali habis buang air. Bisa juga kita minum campuran air perasan daun jambu biji dengan garam.

5. Keseleo

Jika otot keseleo, memar atau tertarik, kita bisa melakukan metode pengobatan awal di rumah yang dikenal dengan istilah RICE (Rice Ice, Compression, Elevation).

Rest berarti kita harus mengistirahatkan dan melindungi otot yang cedera. Ice menandakan kita harus mengompres otot dengan es atau sesuatu yang dingin. Tekan bag

ian yang cedera dengan perban khusus dalam tahap Compression. Elevation berarti mengharuskan sang penderita mengangkat otot lebih tinggi dari jantung. Efektif untuk mengurangi pembengkakan di otot yang cedera.

Selamat mencoba.

Sumber: www.beritaterkinionline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar